June 4, 2024 in Uncategorized

Perang Khandaq

Post placeholder image

Pentigraf

Perang Khandaq

Oleh Telly D.

Kabar perang Khandaq membuat Madinah geger. Pasukan Quraisy yang jauh lebih besar bersiap mengepung kota. Para sahabat dilanda kepanikan, benteng pertahanan kota terasa tak memadai. Di tengah situasi genting itu, Salman Al-Farisi, sahabat yang berasal dari Persia, tampil dengan ide cemerlang.

Kepada Nabi Muhammad SAW, Salman mengusulkan strategi jitu, menggali parit untuk melindungi Madinah dari gempuran pasukan berkuda Quraisy. Ide yang belum pernah terpikirkan sebelumnya ini disambut antusias oleh Nabi SAW dan para sahabat. Dengan sigap, penggalian parit yang diberi nama Khandaq pun dimulai. Para sahabat, tua maupun muda, bahu-membahu mengerjakannya.

Salman, dengan pengalamannya di Persia, memimpin penggalian di salah satu sektor. Ia bekerja tanpa lelah, memotivasi para sahabat lainnya. Kegigihan dan persatuan kaum Muslim dalam menyelesaikan parit tepat waktu menjadi kunci kemenangan mereka dalam Pertempuran Khandaq. Strategi brilian Salman Al-Farisi, dipadukan dengan keteguhan iman dan persatuan kaum Muslim, berhasil menyelamatkan Madinah dari serangan musuh.

Makassar, 4 Juni 2024




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By browsing this website, you agree to our privacy policy.
I Agree