May 25, 2024 in Uncategorized

Pengalaman Berharga

Sumber Gambar: Google (Mojok.co). Pingin poligamai gara-gara CLBK sama mantan pacar

Pentigraf

Pengalaman Berharga

Oleh Telly D

Pak Kasman selalu merasa penasaran dengan tetangganya yang memiliki dua istri. Setiap pagi, dia mengamati kebiasaan tetangganya yang pulang sebelum anak-anaknya bangun, dengan tubuh yang wangi dan wajah berseri. Pintu rumahnya terbuka, disambut istri pertama dengan pelukan dan ciuman yang penuh kasih. Pemandangan itu selalu memunculkan kesan hidup beristri dua itu membahagiakan, bahkan kadang ada rasa iri yang menggelayut di hatinya, sekalipun hanya memerhatikan dari kejauhan.

Sudah sebulan belakangan Pak Kasman tidak lagi punya waktu untuk mengamati tetangganya. Kesibukan merawat ibunya yang sakit di kampung dan istrinya yang terbaring lemah di kota tempat ia bekerja menyita seluruh waktunya. Perjalanan bolak-balik dua jam setiap hari membuat tubuhnya lelah dan pikirannya penat. Bahkan untuk sekadar melirik ke arah rumah tetangganya pun tak sempat lagi. Hatinya terbelah antara tanggung jawab sebagai anak dan suami, namun ia menjalani semua itu dengan penuh kesabaran.

Suatu malam, di tengah rintihan sakit istrinya, kalimat yang tak pernah ia bayangkan keluar dari mulut sang istri. “Saya ikhlas jika kamu mau mencari pendamping lain,” bisik istrinya dengan mata berkaca-kaca. Hati Pak Kasman tercekat mendengarnya. Meski sang istri tulus mengizinkannya menikah lagi, pengalaman merawat ibu dan istri tercinta membuka mata Pak Kasman. Hidup beristri dua ternyata tidak semudah yang terlihat. Ia sadar, apa yang tampak bahagia dari luar hanyalah sandiwara. Kebahagiaan sejati terletak pada menghargai dan merawat apa yang sudah dimiliki dengan sepenuh hati.

Makassar 24 Mei 2024




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By browsing this website, you agree to our privacy policy.
I Agree