October 19, 2023 in Jelajah Nusantara, Uncategorized

Monumen dan Kisah Cinta

Monumen dan Kisah Cinta
Oleh Telly D.


“Monumen cinta adalah jejak abadi yang tidak pernah usai, menjadi penanda bahwa cinta sejati melebihi batas waktu.” (Daswatia Astuty)

Jika menyebut monumen cinta, saya tidak bisa menahan diri untuk mengingat “Monumen Cinta Padlock” atau “Pont des Arts” di Paris, Prancis. Kunjungan saya ke monumen ini saat itu menjejakkan kesan yang mengunci. Jembatan yang terkenal dengan gembok-gembok cinta yang digantungkan oleh pasangan yang kemudian mengunci gembok tersebut dan melemparkan kuncinya ke sungai Seine sebagai tanda cinta abadi mereka.

Kemudian Monumen Cinta Taj Mahal. Monumen ini terletak di Agra, Uttar Pradesh, India. Ini merupakan salah satu warisan dunia UNESCO. Taj Mahal didirikan oleh Kaisar Shah Jahan dari Dinasti Mughal sebagai tanda cinta kepada istrinya yang tercinta, Mumtaz Mahal.

Ketika saya mengikuti Short Course di Inggris dan berjalan-jalan ke Amerika, beberapa monumen cinta ada di sana. Di Inggris ada monument cinta Ashton Memorial di atas bukit Williamson Park, Lancaster. Di Amerika Serikat ada Thornewood Castle.

Monumen cinta juga berdiri anggun di Via dell’Amore, Cinque Terre, Italia. Jalur pendek yang menghubungkan desa-desa di Cinque Terre ini dipenuhi dengan grafiti, pesan cinta, dan lukisan yang mengagungkan cinta.

Monumen Cinta Taj Mahal. Sumber: id.m.wikipedia.org


Monumen cinta di Taman Buckingham, London, Inggris “The Couple” adalah patung besar yang menggambarkan pasangan yang sedang berciuman. Monumen ini menjadi ikon cinta di tengah-tengah Kota London.

The Kissing Bridge, Ontario, Kanada. Jembatan ini terkenal karena pasangan yang datang ke sini dimanja untuk mencium satu sama lain di tengah jembatan yang indah.

Monumen cinta di Dubai, Uni Emirat Arab. Patung “Love” yang besar dan mencolok di Dubai ini menjadi tempat yang populer untuk foto-foto romantis.

Setiap monumen ini memiliki cerita dan makna tersendiri dalam konteks cinta dan romansa. Monumen cinta menjadi tujuan wisata yang populer bagi pasangan yang ingin merayakan cinta mereka atau sekadar menikmati suasana.

Menjadi menarik buat saya karena ternyata di Pare-Pare, sebuah kota di Provinsi Sulawesi Selatan ada juga monumen cinta yang berdiri kokoh. Kota ini mendapat julukan “Kota Cinta” karena di kota ini juga ada berdiri “Monumen Cinta Ainun Habibie.”

Monumen Cinta Sejati Habibie dan Ainun. Foto: Dokumen Pribadi


Monumen Cinta Ainun Habibie adalah monumen yang didedikasikan untuk mengenang kisah cinta sejati antara Presiden ketiga Republik Indonesia, BJ Habibie dan istrinya, Ainun Habibie.

Monumen Cinta Sejati Habibie dan Ainun. Foto: Dokumen Pribadi


Mereka adalah pasangan yang sangat mencintai satu sama lain. Kisah cinta mereka telah diabadikan dalam berbagai buku, film, dan monumen. Monumen Cinta Ainun Habibie adalah salah satu tempat yang mengingatkan kepada khalayak akan kisah cinta sejati mereka.

Kisah cinta dan saling mencintai adalah rasa yang selalu menarik untuk dituturkan. Ada kisah kasih tak sampai, hingga kisah cinta yang berakhir dengan kematian tragis. Kisah-kisah yang mengukir terus perjalanan hidup anak manusia. Adalah Adam dan Hawa yang memulainya; yang kemudian diikuti oleh semua anak manusia tanpa henti sampai sekarang.

Cinta adalah anugerah Tuhan yang luar biasa untuk makhluk bumi. Getarannya melumpuhkan semua kewarasan yang dimiliki. Kepala seolah terhipnotis mengangguk untuk menghalalkan semua keinginan bersama. Semua digerakkan oleh cinta.

Kaki jadi ringan melangkah untuk memuaskan tujuan, kehormatan pun kadang diletakkan untuk menggapai hasrat. Kesabaran yang ditunjukkan bisa menembus puluhan tahun. Sensasinya membuat jantung berdebar-debar dan getirnya memeras air mata serta memilukan kalbu. Hati yang merana pun didedikasikan untuk cinta sejati.

Cinta membuat semua orang berjuang untuk memantaskan diri, di dalamnya ada pembelajaran untuk selalu memberi yang terbaik. Keikhlasan menerima apa adanya. Merawat kesabaran untuk terus melangkah menempuh perjalanan jauh seiring seirama. Tulus berbagi. Berjuang untuk selalu bersama. Memberikan rasa bahagia sampai ke hal-hal yang tidak masuk akal, gila dan tolol sekalipun. Semua sah-sah saja.

Kita semua berpihak menghakimi Datuk Maringgih karena membuat kasih tak sampai bagi Siti Nurbaya. Kita berteriak menyemangati kera Anoman yang jadi pahlawan untuk membunuh Rahwana si pengganggu cinta Rama dan Sinta.

Kita ikut berurai air mata menangisi kisah cinta Romeo dan Juliet yang memilih mati mempertaruhkan nyawanya untuk sekeping rasa cinta. Kita gemas dengan trik kebohongan yang dilakukan Jaka Tarup ketika meminta Bidadari Nawangwulan untuk mau hidup bersamanya di bumi. Kita juga mau saja merogoh isi kantong untuk sekedar menikmati kisah cinta Habibie dan Ainun di bioskop.
Itulah kisah cinta yang selalu dituturkan antara benua ke benua, antara generasi ke generasi, tak lekang oleh waktu. Kisah cinta yang paling terkenal adalah kisah cinta Romeo dan Juliet, kisah cinta yang dibawa mati. Namun, banyak kisah cinta yang lain yang juga mengundang uraian air mata karena keduanya dipisahkan oleh maut.

Kisah cinta yang berakhir dengan perpisahan maut dialami oleh Ratu Victoria dan Pangeran Albert. Sayangnya Pangeran Albert meninggal dunia di usia 42 tahun. Ia meninggalkan Ratu Victoria yang patah hati karena cintanya yang begitu mendalam. Dukanya dibawa mati. Keduanya dimakamkan berdampingan di Frogmore Mausoleum, Windsor Great Park. Makam itu menjadi bangunan monumen cinta mereka. Cinta sejati dipersatukan kembali sekalipun melalui maut.

Ines De Castro meninggal karena dibunuh oleh anggota komplotan yang disewa oleh ayah Don Pedro. Ayah Don Pedro adalah Raja Portugal pada masa itu. Ketika sang raja mangkat dan Don Pedro naik tahta dengan gelar King Pedro I, tindakan pertamanya adalah membuka peti mayat Ines dan membawa mayatnya yang tinggal tulang belulang ke istana.

Selanjutnya dengan upacara besar dilakukan penobatan Ratu Portugal terhadap Ines de Castro lengkap dengan penyerahan mahkota dan tongkat kerajaan oleh King Pedro I. Seusai upacara pelantikan ratu, baru dimakamkan kembali dengan iringan upacara besar.

Kuburannya menjadi monumen yang dapat dikunjungi sampai sekarang. Rasa cinta yang tiada terperikan Raja King Pedro I sehingga memahkotai tulang belulang atau tengkorak Ines de Castro dengan mahkota cintanya.

Tak kalah sensasinya kisah cinta Cleopatra dan Mark Antony. Cerita kasih dari Roma ini berdiri di puncak kejayaan kecantikan ratu Mesir yang membius Mark Anthony. Cinta mereka pun berakhir dengan kematian yang entah apakah mereka bisa bersatu di alam baka atau tidak. Namun, kisah cinta Cleopatra dan Mark Antony menginspirasi dunia sampai sekarang.

Tercatat juga banyak perang yang terjadi antar bangsa karena memperebutkan wanita yang dicintai. Wanita-wanita yang memiliki paras yang cantik membuat hati pria suka tergoda. Begitu berharganya sehingga dilakukan perang untuk merebut hatinya.

Helen dari Troy. Karena kecantikannya, dia pernah dilamar 45 lelaki. Namun, akhirnya menikah dengan Raja Sparta Menelaus. Hidupnya bahagia sampai datang pangeran dari Troy bernama Paris. Helen dan Paris tak bisa dicegah untuk saling jatuh cinta hingga Helen memutuskan untuk mengkhianati suaminya. Paris membawa Helen pulang ke Troy. Inilah yang jadi pemicu pecah perang besar antara Sparta dan Troy.

Beberapa kisah cinta juga diukir karena kecantikan tokoh wanitanya sehingga membuat tokoh lelakinya bertekuk lutut dan melakukan apa saja untuk memilikinya.

Ratu Saba (Bilqis) mewakili kecantikan wanita-wanita Latin. Dalam literatur sejarah dan keagamaan diceritakan wanita ini berkulit gelap, eksotis sangat cantik sehingga wanita ini dipersunting oleh Raja terkaya sepanjang sejarah Sulaiman.

Delilah juga diceriterakan sebagai sosok yang sangat cantik. Kecantikannya menyihir semua pria yang pernah melihatnya. Termasuk sosok bernama Samson. Samson merupakan pria perkasa berkekuatan sangat hebat. Namun, Samson menjadi lemah karena jatuh cinta kepada Delilah. Kisah cinta ini termuat dalam banyak kitab. Mulai dari tanah Israel sampai tanah Talmud, termasuk di Indonesia yang disadur ke dalam film Betawi, Samson dan Delila.

Sosok Guinevere digambarkan sebagai wanita berkulit pucat bermata biru dengan wajah sendu. Raja Arthur yang menguasai Inggris jatuh hati kepada Guinevere dan berhasil memperistrikannya. Sayang, hati Guinevere tidak secantik wajahnya. Hati Guinevere berpaling kepada seorang bawahan bernama Sir Lancelot. Raja Arthur marah besar dan melakukan pencarian seumur hidup kepada dua orang ini.

Whang Zhao Jun, wanita yang terkenal dengan kecantikannya. Saking cantiknya, Whang pernah membuat pertengkaran antara ayah dan anak. Kisahnya, Raja Gaozu, Kaisar Tiongkok kala itu ingin mencarikan istri untuk salah satu anaknya.

Raja Gouzu justru tertarik kepada Whang. Namun, dia telah terlanjur menjanjikan istri kepada anaknya dan dengan marah Whang pun diserahkan kepada putranya. Perang pun terjadi karena memperebutkan wanita ini.

Kisah cinta Cleopatra, adalah kisah cinta yang menggunakan kecantikan demi ambisi menyatukan dua kerajaan Mesir dan Romawi. Kecantikan Cleopatra, Ratu Mesir memudahkan dia menikahi Raja Romawi Julius Caesar. Ambisi menguasai Romawi nyaris terpenuhi seandainya Cleopatra tak berpaling ke hati yang lain, kepada Pemimpin Romawi Timur Mark Anthony. Akhirnya Julius Caesar harus mati terbunuh. Cinta yang tak mengenal penghalang.

Kisah cinta wanita yang menggemparkan kerajaan bukan hanya di Mesir, Inggris juga punya cerita. Adalah Anne Boleyn, Sang Ratu Inggris yang berasal dari Prancis yang termashur kecantikannya. Raja Henri ke-7, melakukan pernikahan dengan upacara rahasia dengan Ratu Anne. Ketika itu Raja Henri ke-7 sudah memiliki istri, namun tidak memberikan keturunan.

Mo Xi membuat sebuah Dinasti Cina hancur. Mo Xi digambarkan sebagai wanita muda yang cantik luar biasa. Raja Ji mabuk kepayang oleh wanita ini. Karena cintanya, sang Raja mau saja mengikuti semua permintaan atau perintah Mo Xi. Yang tidak masuk akal, konyol sekali pun.

Tercatat, pernah Mo Xi meminta semacam kolam renang yang diisi dengan anggur. Alasannya, dia hanya ingin melihat orang-orang meminum anggur bekas mandi dari kolam tersebut. Keinginan itu pun direalisasikan oleh raja dengan mengundang sekitar 3.000 orang untuk minum anggur kolam. Akhirnya ribuan orang mati gara-gara perintah konyol itu.

Memberi hadiah kepada orang yang dicintai juga merupakan salah satu lakon para penikmat cinta. Hadiah yang bernilai sampai hadiah yang tak ternilai bukan halangan untuk memuaskan hasrat saling mencintai.

Adalah Raja Nebukadnezar II memberikan hadiah kepada istrinya yang berasal dari Persia yang bernama Amitis. Hadiah berupa taman yang indah. Kita mengenalnya dengan nama Taman Gantung Babylonia.

Monumen cinta tidak hanya dibuat jika kehilangan orang yang dicintai. Berpaling ke hati orang lain atau penghianatan cinta juga menginspirasi pembuatan monumen. Apakah kita ingin menyebutnya monumen kasih tak sampai? Atau apa pun itu tergantung bagaimana kita memaknainya.

Kastil Coral merupakan monumen cinta yang paling misterius dan luar biasa yang pernah dibuat oleh manusia. Edward Leedskalnin seorang pria berkebangsaan Latvia. Selama 30 tahun ketika ditinggal oleh kekasihnya. Ia seorang diri dan dengan menggunakan peralatan seadanya membangun Kastil Coral. Dengan menggunakan batu-batuan raksasa yang berat rata-ratanya sekitar 14 ton untuk tiap batunya, ia berhasil membangun kastil ini.

Kastil Koral. Sumber: Merdeka.com


Bangunan ini begitu luar biasa sehingga membuat para peneliti kebingungan. Bagaimana mungkin mampu memindahkan batu-batu tersebut serta membangunnya seorang diri dan dengan peralatan yang sangat sederhana?

Bisa dibayangkan perih dan sakit hati yang ditanggung oleh seorang Edward Leedskalnin sehingga karyanya begitu misterius dan mencengangkan. Cinta yang misterius menghasilkan kastil yang misterius. Hanya merekalah yang memahaminya. Atau mereka sesungguhnya tak menyadarinya bahwa rasa dapat mengalahkan segalanya.

John Fildan anak seorang kaya raya. Bertemu dan jatuh cinta kepada seorang gadis penenun. Ruth Stansfield nama gadis penenun tersebut. Ia pun kemudian melamar sang gadis pujaan itu. Ruth mengatakan bahwa mau menerima lamaran itu dengan syarat membuatkan dirinya sebuah kastil di atas bukit. Itulah awal berdirinya Istana Dobroyd.

Sumba, Negeri Pasola, negeri yang indah, dengan laut yang eksotik, bukit-bukit nan indah, kuda-kuda sandalwood, serta savana yang luas juga mempunyai cerita cinta yang tak kalah menariknya. Ini tidak sekedar untuk menyempurnakan kisah-kisah cinta di seantero sudut dunia sebagaimana dikisahkan di atas.

Menarik karena melibatkan tokoh wanita yang cantik. Penghianatan tokoh wanita yang berpaling kepada hati yang lain, yang diakhiri dengan perebutan sang wanita dengan cara adu ketangkasan berkuda dan melempar tombak/lembing (Pasola).

Kisahnya tak kalah menarik dari cerita-cerita cinta dari belahan dunia yang lain. Mari mencintai negeri ini dengan menuliskan keindahannya supaya orang bumi tahu dan terjaga betapa indahnya negeri kita ini seindah kisah cintanya.

Makassar, September 2023




4 Comments

  1. October 22, 2023 at 10:46 pm

    Chamim Rosyidi Irsyad

    Reply

    Ramuan selaksa kisah monumen cinta yang mengabadi dari seluruh penjuru dunia yang menginspirasi para pecinta perjalanan untuk menelisik dan menelusuri selaras dengan kepenasarannya. Sajian kisah cinta negeri Pasola … Sumba … jadi mengingatkan saya kepada sosok Umbu Landu Paranggi. Guru sejati bagi penyair-penyair besar Malioboro Yogya (Presiden Malioboro): Emha Ainun Najib, Ebiet G.A.D., Linus Suryadi A.G., dll.

  2. October 22, 2023 at 10:38 pm

    Chamim Rosyidi Irsyad

    Reply

    Ramuan selaksa kisah monumen cinta yang mengabadi yang menginspirasi para pecinta perjalanan untuk menelisik dan menelusuri. Kisah cinta negeri Pasola jadi mengingatkan saya kepada sosok Umbu Landu Paranggi. Guru sejati bagi penyair-penyair besar Malioboro Yogya (Presiden Malioboro): Emha Ainun Najib, Ebiet G.A.D., Linus Suryadi A.G., dll.

  3. October 22, 2023 at 8:47 pm

    Sri Rahayu

    Reply

    Begitu luas pengetahuan Bunda Telly, hingga melahirkan tulisan yang mahaindah…sampai tak terasa waktu subuh tiba…saat saya membacanya…mengalir begitu saja…wuhui…maren bingit…

  4. October 22, 2023 at 3:52 pm

    Sumintarsih

    Reply

    Hebat nih, Bunda. Referensinya banyak sekali…. Saya juga gemas dengan kisah cinta di balik novel Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck antara Nurhayati dan Zainuddin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By browsing this website, you agree to our privacy policy.
I Agree