October 19, 2023 in Pentigraf, Uncategorized

Kedatangan yang Dirindukan?

Post placeholder image

Kedatangan yang Dirindukan?

Oleh Telly D.


Di tengah hiruk-pikuk dan kerasnya kehidupan kota, Daeng Jarre telah memanen sukses. Sepuluh tahun merantau jauh dari kampung halamannya, atribut kemapanan telah disandangnya. Rumah mewah, mobil mewah, orang-orang yang setia melayani, istri yang jelita, dan anak-anak yang sehat telah mengelilinginya. Namun, di balik segala prestasinya, hatinya selalu merasa kosong. Ada sesuatu yang sangat dirindukannya.

Setiap hari, ia bermimpi ada keluarganya mau datang menengoknya. Ia merasakan sejak merantau, tak seorang pun dari mereka yang pernah melintasi ambang pintu rumahnya. Ia sangat ingin memperkenalkan keluarganya dengan gaya hidupnya yang sukses dan penuh kemewahan. Pucuk dicinta ulam tiba, istrinya menelepon saat ia tengah makan siang di kantor. Memberitahukan bahwa ada keluarganya sekarang di Mabes Polri. Daeng Jarre sangat gembira, merasa menjadi pemenang yang menemukan harta karun terpendam. Daeng Jarre menyombongkan diri bahwa ia memang dari lingkungan keturunan orang-orang sukses.

Dia bersegera ke Mabes Polri bersama anak buahnya. Dicarinya keluarganya dengan penuh antusiasme, tetapi tak dapat ditemukannya. Bahkan, ketika ia mencoba mencarinya di daftar kepegawaian Mabes, namanya pun tak terdaftar. Akhirnya meneleponlah ia kepada istrinya dan mengetahui kenyataan yang tak terduga. Keluarganya berada di Mabes, bukan sebagai staf yang bekerja atau pejabat, melainkan tahanan yang disel atas dakwaan pelaku kriminal jaringan internasional. Daeng Jarre nyaris pingsan. Mimpi besarnya begitu singkat menjelma menjadi kekecewaan yang menggetirkan.

Makassar, 17 Oktober 2023




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By browsing this website, you agree to our privacy policy.
I Agree