January 28, 2023 in Catatan Harian Nadhira, Uncategorized

Fashion dan Gaya Nadhira

Fashion dan Gaya/Style Nadhira
Oleh Telly D

Nadhira yang usianya masih terbilang bulanan sudah sangat fashionable dalam berbusana.

Nenek Puang Ina selalu terpesona dengan penampilanmu. Sehingga tidak mampu menahan diri untuk tersenyum dan mengucapkan ‘’iiiihhhh lucunya Nadhira.” Puang Ina bahkan menambah dengan menjawil lembut pipimu.

Puang Ina suka melihat cara ibunda Zieha, mendidik kamu mengikuti tren sehingga kamu sangat modis, fashionable, namun juga mulai sedini mungkin membagun gaya/stylemu sendiri dalam berbusana.

Nadhira menggunakan baju yang lagi tren, memakai bandana, dress pada waktu aqiqah, pakaian adat waktu acara Mapparola, jumpsuit, hoddie untuk melawan cuaca dingin, sleepsuit (yang berwarna dan bermotif lucu-lucu), jika bobo malam. Memakai romper warna polos dengan model simpel jika bepergian. Puang Ina jadi tahu ibunda Zieha memiliki citarasa yang halus dan pandai memantaskan busana yang tepat.

Acara Mapparola ayahbunda Nadhira. Foto: Dokumen Pribadi


Fashion merupakan salah satu hal penting yang tidak dapat dilepaskan dari penampilan dan gaya keseharian. Benda-benda seperti baju dan aksesoris yang Nadhira kenakan bukanlah sekadar penutup tubuh dan hiasan, lebih dari itu juga menjadi sebuah alat komunikasi untuk menyampaikan identitas pribadi.

Nadhira sangat modis karena mengikuti apa yang sedang tren untuk busana anak bayi. Fashion sifatnya sementara dan hanya memiiki rentang waktu terbatas selama tren itu masih berlaku.

Namun gaya/style casual sporty yang dipilihkan ibundamu menjadi identitas dirimu yang akan permanen. Nadhira sangat sporty sehingga beberapa orang salah menaksirmu, menganggap kamu ‘’bayi boyish.’’ Nadhira sampai usia 3 bulan telinganya pun belum memakai kerabu (giwang).


Cucuku Nadhira
Dalam fashion, setiap orang memiliki gaya yang berbeda. Ada yang lebih senang bergaya kasual, ada juga yang menyukai tampilan nyentrik dan colourful, bahkan ada yang suka feminine.

Pakaian olah raga atau athleisure wear sampai saat ini masih digemari oleh banyak orang. Walaupun gaya sporty look seringkali dianggap dressing down namun semenjak munculnya tren fashion ini pada tahun 2014 berkat viralnya artis Kardashian-Jenner yang seringkali memakai outfit dengan look athleisure.

Nadhira. Foto: Dokumen Pribadi


Istilah athleisure wear merupakan gabungan dari kata athletic dan leisure yaitu penggabungan antara pakaian olah raga dengan pakaian kasual. Jenis pakaian ini tidak hanya dipakai untuk kaum pria untuk aktivitas olah raga saja. Outfit sporty bisa menjadi salah satu pilihan yang cocok untuk wanita. Wanita dewasa memilih menggunakan jika hangout ataupun travelling.

Mengapa Puang Ina mengatakan gaya Nadhira casual sporty daily look?
1. Nadhira suka memadu kaos polo (kaos yang digunakan untuk olah raga kuda dan juga olah raga golf oleh orang dewasa) bersama celana jogger untuk menampilkan kesan kasual. Celana jogger memiliki potongan siluet yang mengembang dan terlihat sedikit ramping pada bagian pergelangan kaki memiliki ciri khas cuff yang elastis sehingga akan terasa nyaman dipakai untuk hangout ataupun liburan ke wisata alam.
2. Menggunakan kaos basic sebagai layering bersama camisole atau jaket. Kadang memadukan bersama celana bell bottoms untuk tampilan yang chic dan elegan.
3. Memakai kaos stripe. Kaos stripes masih menjadi trendsetter. Selain modelnya yang simpel, kaos yang satu ini juga akan membuat tampilan Nadhira lebih modis. Sebab Nadhira padukan bersama list pants atau celana bergaris dengan model wide legs atau kulot.
4. Kesan boyish ada jika Nadhira menampilkan gaya jalanan yang edgy, perpaduan crewneck sweatshirt dan celana. Pemakaian crewneck dapat melindungi Nadhira dari cuaca yang dingin. Agar lebih stylish Nadhira suka memadukannya dengan celana model straight cut.
5. Nadhira menyukai tampilan yang simpel dan tidak ribet. Hoodie adalah pilihan yang selalu Nadhira gunakan. Jaket hoodie biasanya identik dengan sporty look yang menampilkan sisi boyish ataupun street style yang sedikit tomboy. Hal yang lucu, biasanya style casual sporty pada orang dewasa memakainya bersama sepatu sneakers ataupun sandal wedges agar tampilan menjadi lebih manis dan terlihat cute, namun Nadhira menggunakan kaos kaki yang lucu-lucu yang berfungsi sebagai penghangat kaki Nadhira juga sekaligus menjadi sepatu.

Cucuku Nadhira
Salah satu fungsi penggunaan kaus kaki adalah mencegah terjadinya iritasi kulit. Kulit Nadhira masih terbilang sensitif sehingga menggunakan kaus kaki adalah cara untuk mencegah kontak langsung dengan benda yang dapat menyebabkan gangguan di area tersebut.

Kaos kaki juga bisa bantu mengatur suhu Nadhira dan melindungi Nadhira dari gigitan serangga.

Sepatu Nadhira. Foto: Dokumen Pribadi


Tidur pada malam hari menggunakan kaus kaki dapat membantu Nadhira tidur lebih cepat. Suhu tubuh Nadhira akan meningkat di pagi hari dan memuncak di siang hari. Suhu tubuh akan menurun di malam hari.

Menggunakan kaus kaki dapat membantu menurunkan suhu tubuh dan membuat Nadhira merasa mengantuk.

Kaus Kaki Nadhira. Foto: Dokumen Pribad


Cucuku Nadhira
Mendandani Nadhira tampil fashionable bukan hanya tentang memakaikan pakaian terbaik saja, atau mengutamakan pakaian yang akan dipakai, warna yang dipilih, atau beragam model yang terbaru.

Namun, hal pertama yang dilakukan adalah merawat tubuhmu dengan baik. Nadhira selalu dipastikan ibunda Zieha mandi yang bersih, melakukan perawatan kulit dan tubuh. Dengan demikian, Nadhira selalu wangi dan tampak serasi menggunakan pakaian apapun.


Tampil fashionable juga tidak hanya berarti mengenakan fashion item yang enak dipandang dan mengikuti tren serta mode terbaru, tapi yang terpenting memberikan kenyamanan pada Nadhira.

Dalam artian, warna dan pola menjadi hal yang sudah pasti dibuat semenarik mungkin, tapi kain juga harus lembut. Intinya, ibunda Zieha sangat menjaga jangan sampai karena terlalu ingin membuat Nadhira tampil fashionable justru membuat Nadhira tidak bebas bergerak dan tidak merasa nyaman.

Kenyamanan Nadhira ketika mengenakan pakaian menjadi perhatian utama ibunda Zieha. Memilih baju yang tepat akan sangat berguna membuat Nadhira nyaman.

Kain baju akan terus menempel dengan kulit Nadhira. Kulit Nadhira masih sangat sensitif dan lebih tipis dibandingkan kulit orang dewasa. Kulit Nadhira lebih mudah iritasi jika terkena bahan kimia atau zat berbahaya yang berasal dari bahan baju.

Oleh karena itu, penting bagi ibunda Zieha untuk memilih baju Nadhira yang terbuat dari bahan katun yang lembut dan mampu menyerap keringat dengan baik.

Ibunda Zieha juga menghindari jenis baju yang terlalu banyak aksesorinya, dapat membuat Nadhira tidak nyaman. Selain itu, aksesori pada baju bayi juga rawan terlepas dan bisa memicu resiko tersedak oleh Nadhira. Baju dengan pita pada bagian lengan atau leher juga tidak aman karena bisa membahayakan Nadhira.

Saat memilih baju, ibunda Zieha fokus pada berat badan Nadhira bukan pada usia, karena badan Nadhira bertumbuh sangat pesat. Setiap bayi tumbuh dengan berat badan yang berbeda meskipun usianya sama sehingga baju Nadhira selalu lebih besar dari usia yang Nadhira miliki.

Karena alasan kenyamanan, ibunda Zieha mempertimbangkan juga baju yang Nadhira pakai harus mudah dipakai dan mudah dilepas. Demikian juga dengan mempertimbangkan cuaca sehingga merasa lebih nyaman dan tidak mudah gerah.

Nadhira. Foto: Dokumen Pribadi


Pada cuaca panas, Nadhira cukup memakai baju berbahan katun satu lapis yang mudah menyerap keringat. Sementara, selama musim dingin atau hujan, ibunda Zieha memilihkan baju yang lebih tebal agar membuat tubuh Nadhira menjadi lebih hangat.

Nadhira cucuku
Menjaga penampilan memang bagus, apalagi jika pakaian selalu terlihat rapi, bersih, dan wangi. Namun, jangan hanya bersungguh-sungguh menjaga penampilan atau pakaian agar modis dan fashionable. Sebaiknya diiringi dengan bersungguh-sungguh juga menjaga hati agar tetap bersih.

Bukan pakaian, sepatu, atau perhiasan yang membuat kita cantik, tapi kebaikan hati dan senyuman, itulah kecantikan sesungguhnya wanita, apalagi jika diikuti dengan kepercayaan diri yang baik.

Makassar, Januari 2023




20 Comments

  1. January 29, 2023 at 4:48 am

    Sumintarsih

    Reply

    Yang pinter mama dan eyangnya…. Itulah mengapa kakak saya dulu pingin mempunyai anak perempuan karena bisa dibegini dan begitu kan dalam berbusana.

    1. January 31, 2023 at 8:45 am

      Telly D.

      Reply

      Terima kasih

  2. January 29, 2023 at 4:27 am

    cahyati

    Reply

    Tulisan yang sangat bagus. Serasa aku berada di dekat cucunya Nadira. So, aku pengen memeluk dan mencium wangi tubuhnya.

    1. January 31, 2023 at 8:45 am

      Telly D.

      Reply

      Terima kasih

  3. January 29, 2023 at 3:34 am

    Wyda Ayu

    Reply

    Tulisan yang sangat bergizi. Beruntunglah Nadhira mempunyai puang Ina sebagai penulis hebat.

    1. January 31, 2023 at 8:45 am

      Telly D.

      Reply

      Terima kasih

  4. January 29, 2023 at 12:31 am

    Sri Rejeki Kiki

    Reply

    Alhamdulillah dik Nadhira tumbuh sehat selalu. Semoga catatan tumbuh kembang akan terbungkus dalam buku indah.. semangat bu Telly

    1. January 31, 2023 at 8:46 am

      Telly D.

      Reply

      Terima kasih

  5. January 28, 2023 at 10:52 pm

    Much Khoiri

    Reply

    Ini tulisan yang sangat bagus. Siap bungkus untuk menyusun buku tentang Nadhira.

    1. January 31, 2023 at 8:46 am

      Telly D.

      Reply

      Terima kasih

  6. January 28, 2023 at 10:52 pm

    Much Khoiri

    Reply

    Tulisan yang sangat bagus. Siap bungkus untuk menyusun buku tentang Nadhira.

  7. January 28, 2023 at 10:50 pm

    Mukminin

    Reply

    Alhamdulilah tulisan yg luar biasa. Nadhira lahir di tengah keluarga yg cerdas. Smg jafi anah yg sholehah cerdas bermanfaat bagu banyak orang

  8. January 28, 2023 at 10:45 pm

    Muhammad Helmi

    Reply

    Mantap kanda jadi kenal dengan dunia fashion

  9. January 28, 2023 at 10:29 pm

    Hajrah

    Reply

    Masya Allah tulisannya bagus. Melalui tulisan ini, Saya tahu kalau ternyata dengan memakai kaos kaki di malam hari dapat membuat bayi tidur lebih cepat. Terima kasih bu

    1. January 28, 2023 at 10:40 pm

      Telly D.

      Reply

      Sama-sama, terima kasih

  10. January 28, 2023 at 10:11 pm

    Syamsuddin Muhiddin

    Reply

    Tulisan yang sangat menarik, semoga Nadhira tumbuh menjadi anak yang sehat, shalehah yang membanggakan orangtua. Fashion menjadi gaya hidup yang multifungsi bagi seseorang yang fungsi utamanya membungkus lahiriah yang menjadikan good looking bagi yang melihatnya. Hal utama semoga Nadhira kelak dibarengi dengan pakaian bathiniah yaitu taqwa yang tentunya akan menarik dan mempesona bagi semua orang tidak hanya di dunia tapi kelak menjadi bekal di akhirat kelak🙏

    1. January 28, 2023 at 10:40 pm

      Telly D.

      Reply

      Aamiin. Terima kasih

  11. January 28, 2023 at 9:43 pm

    Miradiyah

    Reply

    Alhamdulillah. Beruntungnya Nadhira punya bunda cerdas dan nenek seorang penulis hebat sehingga semua kenangannya bisa abadi dalam tulisan. Sehat selalu Nadhira, anak Buton, Bugis, Melayu

    1. January 28, 2023 at 10:41 pm

      Telly D.

      Reply

      Terima kasih

    2. January 28, 2023 at 10:52 pm

      Mukminin

      Reply

      Alhamdulilah tulisan yg bagus yg menjadi otobiografi Nafhira. Nadhira lahir di keluarga cerdas smg jadi anak sholihah dan cerdas bermamfaat banyak umat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By browsing this website, you agree to our privacy policy.
I Agree