December 8, 2023 in Catatan Harian Nadhira, Uncategorized

Pesan Kemerdekaan

Pesan Kemerdekaan


“Dalam kebebasan, terdapat kekuatan untuk berinovasi, berkarya, dan mencapai impian. Jadilah agen perubahan positif.” (Daswatia-Astuty)


9 Agustus 2023

Hari ini Puang Ina menerima foto yang ayahbunda kirim. Di dalam foto terlihat Nadhira sementara ada di dalam kerumunan orang yang mengikuti perayaan hari kemerdekaan Singapura.

Lucu melihat foto-foto itu. Nadhira memerlihatkan pipinya yang tembem ditempeli oleh ayahbunda dengan stiker berwarna merah lambang negara Singapura, menggemaskan sekali. Kamu membuat Puang Ina ingin memeluk dan menciummu, apalagi itu dilengkapi dengan foto yang memerlihatkan kamu tertidur dalam kereta dorong dibawa pesta kembang api.

Keramaian dan bunyi gelegar letupan kembang api tak mengusik tidurmu. Tentu kamu kelelahan mengikuti semarak hari kemerdekaan. Puang Ina tersenyum, kamu bayi yang sangat tertib, jika waktumu beristirahat kamu bisa tidur di mana-mana.

Nadhira Sayang
Selamat Hari Kemerdekaan, cucu kesayangan nenek! Kamu anak yang beruntung lahir dengan 2 warga negara. Sampai kelak kamu berusia 18-20 tahun, ketika sudah dewasa kamu sudah dapat menentukan warganegara yang jadi pilihanmu.


Selamat Hari Kemerdekaan. Hari ini adalah hari yang sangat istimewa di Singapura. Ingatlah bahwa tanggal 9 Agustus adalah hari ketika negara Singapura merdeka. Singapura menjadi negara yang merdeka pada tahun 1965. Tapi apa arti kemerdekaan bagi anak-anak Singapura? Bagaimana Nadhira mengambil bagian dari perjalanan yang akan membuat negara ini menjadi lebih baik dan berkembang dari sekarang.

Pertama-tama, tentang “Kesadaran akan Kebangsaan dan Identitas.” Apa artinya? Itu berarti Nadhira harus tahu bahwa kita semua berbeda, tapi tetap satu! Di Singapura, ada banyak teman yang punya latar belakang yang berbeda, tapi justru itu yang membuat kaya dan unik. Jadi, mari bangga menjadi anak-anak Singapura dan selalu menghormati teman-teman dan menghargai keberagaman.

Kemudian, ada “Pendidikan dan Pengembangan Diri.” Bagaimana bisa tumbuh besar dan kuat seperti pohon besar di taman? Nadhira harus belajar banyak. Belajar seperti menyiram tanaman dengan air. Semakin belajar, semakin banyak yang bisa dilakukan untuk membantu teman-teman dan membuat Singapura menjadi tempat yang lebih baik.

Ketiga, “Gotong Royong dan Keterlibatan Sosial.” Itu seperti semua berada dalam satu tim. Ketika bekerja bersama-sama, bisa mencapai lebih banyak hal. Gotong royong berarti membantu teman-teman dan membuat dunia di sekitar kita menjadi tempat yang lebih baik. Nadhira bisa melakukan hal-hal kecil, seperti membantu membersihkan taman atau menjadi teman bagi yang sedang kesepian.

Berikutnya tentang “Pemahaman akan Isu-isu Global.” Apa yang terjadi di dunia bisa memengaruhi Nadhira di Singapura. Jadi, mari peduli tentang cara membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik. Mungkin bisa belajar lebih banyak tentang cara menjaga bumi ini agar tetap hijau.

Selanjutnya, ada “Inovasi dan Kewirausahaan.” Apa itu? Itu seperti menjadi penemu atau menciptakan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya. Nadhira bisa berpikir tentang cara membuat mainan baru atau memecahkan masalah di sekolah. Inovasi membantu menjadi kreatif dan menemukan cara baru untuk membuat kehidupan lebih baik.

Keenam, tentang “Kepemimpinan yang Bertanggung Jawab.” Kepemimpinan itu bukan hanya untuk orang dewasa, tapi juga untuk anak-anak. Nadhira bisa menjadi contoh yang baik dan membuat keputusan yang baik. Seperti menjadi kapten di lapangan, dimana semua berusaha keras dan mendukung satu sama lain.

“Kesadaran Lingkungan” hal yang sangat penting. Nadhira harus ikut menjaga alam karena itu adalah rumah kita. Nadhira bisa melakukan hal-hal kecil, seperti menghemat air dan tidak membuang sampah sembarangan. Ini membantu melindungi bumi agar tetap indah dan lestari.

Berikutnya “Menghormati hak asasi manusia dan keadilan sosial.” Setiap orang memiliki hak untuk diperlakukan dengan baik. Nadhira harus adil dan baik kepada semua orang, tanpa memandang warna kulit, agama, atau latar belakang. Tindakan menghargai hak asasi membuat masyarakat adil dan damai.

Selanjutnya jangan lupa tentang “Ketahanan dan Kesiapsiagaan.” Ini seperti menjadi pahlawan dalam cerita. Nadhira harus tahu bagaimana melindungi diri kita sendiri dan membantu teman-teman jika ada masalah. Ini membuat kuat dan siap menghadapi apa pun.

Terakhir, tapi tidak kalah pentingnya, tentang “Kebersamaan dalam Krisis.” Ketika ada kesulitan, Nadhira harus saling membantu dan bersatu, seperti tim yang bermain bersama, saat bermain harus bersatu ketika ada masalah. Itu membuat lebih kuat sehingga dapat mengatasi semua rintangan.


Itulah dasar Singapura yang harus Nadhira persiapkan diri jika ingin menjadi bagian dari perkembangan di Singapura. Nadhira bisa tumbuh bersama, belajar bersama, dan membuat Singapura menjadi tempat yang lebih baik untuk semua.

Selamat Hari Kemerdekaan Singapura! Mari jadikan hari ini sebagai awal yang baru untuk menjadi anak-anak Singapura yang hebat!

Nenek yang penuh Cinta
Puang Ina




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By browsing this website, you agree to our privacy policy.
I Agree