January 18, 2022 in Jelajah Nusantara, Uncategorized

Puncak Harfat Jaya ( Dapunlol ) – Keindahan Persembahan Cinta

Puncak Harfat Jaya ( Dapunlol ) - Keindahan Persembahan Cinta
Puncak Harfat Jaya ( Dapunlol ) - Keindahan Persembahan Cinta

Puncak Harfat Jaya (Dapunlol)
Keindahan Persembahan Cinta
Oleh Telly D

Jika di Pakistan ada Kaisar Mughal Shah Jahan yang membangun Taj Mahal sebagai Mausoleum atau makam untuk istrinya Mumtaz Mahal ketika meninggal kerena melahirkan putranya.

Di Indonesia tepatnya di Klaten Jawa Tengah, ada Rakai Pikatan dari Dinasti Sanjaya pemeluk Hindu membangun candi Plaosan untuk istrinya Pramodyawardani yang berasal dari dinasti Syailendra pemeluk agama Budha.

Papan Informasi
Sumber : Dokumen Pribadi

Maka di Misool Raja Ampat, ada Harun Sapua yang menemukan puncak gunung Karts Dapunlol yang diabadikan sebagai bukti cintanya kepada Fatma. Puncak itu diberi nama Puncak Harfat (Harun, Fatma). Dipublish sebagai spot foto terindah di Misool Raja Ampat pertama kali tahun 2012.

Orang suka mengatakan bahwa Puncak Harfat sesungguhnya adalah tempat kedua pasangan ini jika memadu kasih. Melihat beratnya medan mendaki ke Puncak Harfat, bisa dibayangkan betapa tingginya tensi petualangan yang pasangan ini suka lakukan bersama. Cerita cinta selalu menginspirasi.

Pak Harun Sapua dan Bu Fatma adalah tokoh mayarakat yang mashur di salah satu kampung di Misool selatan, Raja Ampat. Keduanya adalah pemilik homestay Harfat Jaya. Homestay pertama yang berdiri di kampung Harapan Jaya.

Tantangan Puncak Harfat
Sumber : Dokumen Pribadi

Puncak Harfat adalah puncak paling bergengsi untuk didaki di Pulau Missol Raja Ampat. Menikmati pemandangan gunung karts dari ketinggian yang luar biasa indahnya dengan tantangan medan pendakian yang luar biasa beratnya. Kemiringannya nyaris mencapai 90 derajat, sehingga sangat menantang untuk ditaklukkan.

Tidak syah berwisata ke Misool tanpa menikmati keindahan Puncak Harfat. Hal ini sama dengan ke Pulau Waligeo dan tidak mendaki Puncak Piaynemo.

Misool adalah salah satu dari empat pulau terbesar di Raja Ampat yang dipimpin oleh empat Raja (Salawati,Waigeo, Batanta, dan Misool). Kawasan inilah yang dikenal dengan nama Empat Raja, atau Raja Ampat.

Anak tangga habis, siap untuk mendaki.
Sumber : Dokumen Pribadi

Jika hendak ke Misool dari Jakarta, Mesti terbang menuju Sorong, Papua Barat, naik pesawat ke Bandara Domine Eduard Osok. Dari pelabuhan Sorong, selanjutnya bisa naik kapal cepat menuju ibu kota Kabupaten Raja Ampat (Waisai) dulu, atau bisa langsung dari Sorong mengambil speedboat menuju ke Misool dengan perjalanan sekitar 4 jam.

Perjalanan menuju Misool adalah perjalanan menyusuri lautan bebas, dengan durasi waktu yang cukup lama. Dalam perjalanan bisa menikmati indahnya gunung-gunung karts yang beraneka rupa penampilannya, menghadang dan menerjang gelombang laut dan menantang hembusan angin laut yang kencang serta tangguh dipanggang dengan teriknya matahari. Bagi orang yang suka petualangan ini sempurna untuk memulai petualangan.

Tiba di Pulau Misool, baru dapat menuju tempat pendakian ke Puncak Harfat dengan menggunakan transportasi darat.

Mendaki menuju Puncak Harfat Jaya telah dipermudah oleh Pak Harun beserta orang-orangnya. Sekali pun kondisi minimal dan seadanya namun sudah sangat menolong dan memudahkan pendakian.

Pemandangan di Puncak Harfat
sumber : dokumen pribadi

Ada pegangan kayu dan anak tangga telah diadakan sesuai dengan kebutuhan wisatawan. Meski di beberapa titik ada yang rusak, namun masih memberi kemudahan untuk dilewati.

Dibutuhkan waktu tidak lebih dari 30 menit untuk sampai puncaknya. Pendakian yang berat namun pemandangan di setiap tanjakannya menyuguhkan pemandangan yang elok dan sangat menggoda.

Rute untuk menuju Puncak Harfat adalah rute yang mengikuti jalan mendaki yang telah dilalui sebelumnya, namun akan lebih mudah jika menggunakan bantuan pemandu wisata. Dengan cara ini, mampu menghadapi resiko cedera atau kelelahan.

Sesampainya di puncak, menyaksikan gugusan bukit-bukit indah yang tersusun bak lukisan. Beberapa spot dapat digunakan mengabadikan foto dan video dari berbagai sudut. Lanskap alam yang sangat memukau, terbayar semua kelelahan.

Berdiri di Puncak Harfat jadi mengerti kata megah dan memukau yang tidak mampu secara akurat menggambarkan keajaiban alam yang diukir di tempat ini.

Dari atas puncak, dapat melihat Pulau Misool secara keseluruhan. Puncak Harfat ini juga menawarkan berbagai jenis objek wisata alam seperti karst, flora, laguna, dan lain-lain.

Pulau Misool memang indah, namun keindahannya baru terlihat apabila dipandang dari ketinggian. Hal ini menjelaskan mengapa wisatawan ingin selalu mencapai Puncak Harfat Jaya. Ini tempat sangat cocok bagi orang muda yang memiliki semangat berpetualang yang meluap-luap.

Benar-benar syurga fotografi, pesona keindahan puncak yang memukau ini memang layak jika dijadikan sebagai persembahan keabadian cinta.

Sorong, November 2021




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By browsing this website, you agree to our privacy policy.
I Agree