July 11, 2021 in Umum, Uncategorized

Benda Kesukaan

Post placeholder image

Benda Kesukaan
Oleh Telly D

Benda kesukaan adalah benda yang selalu menjadi kegemaran seseorang. Benda kesukaan suka dikoleksi dan dipajang atau dibawa kemana-mana. Benda kesukaan juga dapat menggambarkan keperibadian seseorang.

Umumnya Benda kesukaan erat kaitannya dengan pekerjaan, profesi, atau hobbi dan sebagainya.

Bukan hal yang istimewa jika menemukan penulis atau jurnalis dengan benda kesukaannya laptop, fotografer dengan kamera, artis dengan sepatu dan tas, dan sebagainya.

Juga tak perlu heran jika melihat benda kesukaan itu berbagai jenis dari yang bernilai mahal seperti mobil mewah sampai yang tak benilai mahal seperti tusuk gigi. Yah ada orang yang gemar mengoleksi tusuk gigi, bahkan ada yang suka mengoleksi barang bekas.

Sekali pun ada pepatah yang mengatakan ‘’jangan menilai buku dari sampulnya’’, namun keperibadian dapat dibaca melalui barang kesukaan.

Beberapa referensi mengatakan bahwa,
Orang yang suka mengoleksi buku adalah orang yang senang menemukan hal-hal baru dan mau belajar hal-hal baru.

Orang yang suka mengoleksi buku adalah tipe orang yang cerdas.

Penggemar buku disebut penggemar lanjutan karena akan selalu membeli dan membaca buku-buku selanjutnya, apalagi jika buku tersebut hadir dalam beberapa seri atau sekuel. Rak buku penuh dengan koleksi buku, bahkan lebih lanjut dikatakan bahwa, seseorang yang suka mengoleksi novel ataupun komik menandakan mereka memiliki sisi kreatif dan imajinasi yang tinggi.

Menyukai atau mengoleksi sepatu, jenis tas yang berbeda-beda memberi arti yang berbeda-beda juga.

Tas ransel menggambarkan orang pemberani, kuat dan suka berpetualang.

Tas selempang menggambarkan orang yang suka sulit berkomitmen dalam mengambil keputusan dan kurang percaya diri.

Sedangkan orang yang suka mengoleksi clutch bag adalah orang yang memiliki kepercayaan diri yang kuat dan senang bergaya mengikuti perkembangan mode.

Jenis sepatu yang berbeda-beda memberi arti yang berbeda-beda juga. Contohnya, bagi orang yang suka mengoleksi sepatu boots, adalah orang yang memiliki karakter yang kuat dan tegas serta menyukai tantangan.

Orang dengan koleksi sepatu loafer adalah orang yang simpel dan praktis, sedangkan penyuka sneakers mencerminkan orang yang semangat dan berjiwa muda.

Sumber itu juga menuliskan bahwa kesukaan terhadap Lego menjelaskan seseorang yang menyukai keramaian dan mudah berinteraksi dengan orang-orang baru.

Orang ini juga memperhatikan detail dalam melakukan sesuatu dan senang berimajinasi.

Umumnya orang yang gemar mengoleksi Lego cepat dalam menyelesaikan sesuatu dengan cermat.

Banyak anggapan orang yang sudah lanjut usia lebih mengoleksi barang antik, sekali pun sekarang banyak juga orang-orang kalangan muda yang suka mengoleksi barang antik.

Seseorang yang gemar mengoleksi barang antik cenderung lebih cermat dan konsisten dengan gaya klasik yang mereka gemari.

Barang kesukaan yang didominasi oleh wanita sebagai pemiliknya mencerminkan seseorang yang ramah dan penyayang.

Pecinta boneka juga seseorang yang senang beraktivitas dan cukup aktif. Walau begitu, pecinta boneka menyukai keseimbangan dan menyukai waktu menyendiri yang tenang.

Umumnya, seseorang yang suka mengoleksi jam tangan adalah orang yang disiplin, dan selalu ingat dengan waktu. Dari segi penampilannya seseorang akan terlihat rapi, berwibawa, dan memiliki inner beauty yang menonjol.

Orang yang suka mengoleksi jam tangan juga memiliki karakter yang bijaksana.

Kebenaran hal ini tentu memerlukan pengamatan yang lebih cermat untuk mengetahui kesesuaiannya. Namun mengetahui hal yang demikian menolong untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan orang yang sekaligus dapat digunakan untuk memperbaiki kelebihan dan kekurangan diri sendiri sebagai salah satu cara mengembangkan potensi yang dimiliki.

Hal ini juga dapat memudahkan untuk memahami dan terhindar dari kesalah pahaman, kesalah pilihan sehingga keputusan dapat diambil dengan mudah dan tegas.

Pernahkah kita mengetahui mengapa kita disunahkan untuk selalu menjaga kebersihan badan dan kebersihan mulut, selalu menjaga penampilan agar bersih dan rapi. Para kaum laki-laki disunahkan memakai parfum dan memanjangkan rambut sampai sebahu?

Itu tak terlepas dari kesukaan atau kegemaran Rasulullah.

Sosok Nabi Muhammad SAW adalah sosok yang diteladani oleh kaum muslim memiliki beberapa benda kesukaan yang sering dibawa di saat bepergian.

Siwak, merupakan alat untuk membersihkan gigi secara efektif. Rasulullah menjadikan siwak sebagai alat untuk menjaga kebersihan pada area mulut.

Dalam hadits Al-Bukhari, Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk bersiwak setiap kali berwudhu.

Nabi Muhammad SAW bersabda ‘’Seandainya tidak memberatkan ummatku sungguh aku akan memerintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali berwudhu” (HR. Al-Bukhari).

Rasulullah SAW juga punya kesenangan memakai minyak wangi yang terbuat dari ambergris. Ini tertulis dalam hadits riwayat An-Nasa’i ‘’Aku pernah bertanya kepada ‘Aisyah, ‘’apakah Rasulullah SAW memakai parfum?’’ Ia menjawab, ‘’ya! Dengan minyak wangi misk dan ‘anbar’’ (HR Nasa’i).

Nabi Muhammad SAW suka merapikan rambut dengan menggunakan sisir. Sehingga Rasulullah suka membawa sisir jika bepergian.

Sebuah hadist meriwayatkan ‘’sorang laki-laki mengintai dari celah dinding rumah Rasulullah ketika beliau sedang menyisir rambutnya”
(HR.Bukhori dari Sahal bin Sahal bin Saad r.a).

Demikianlah cara sederhana untuk menggambarkan keperibadian seseorang. Semoga membantu untuk mengetahui jati diri sendiri sehingga bermanfaat untuk kehidupan mendatang.

Makassar 11 Juli 2021




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By browsing this website, you agree to our privacy policy.
I Agree