July 1, 2021 in Umum, Uncategorized

Ucapan Terima Kasih

Post placeholder image

Ucapan Terima Kasih

Oleh Telly D

Pada tempat kedatangan atau keberangkatan penumpang di Terminal bandara udara, terdapat fasilitas toilet umum disamping fasilitas yang lain. Toilet umum termasuk kebutuhan utama penumpang.

Manajemen bandara menyiapkan wanita pembersih toilet yang diberi tugas memastikan toilet itu bersih ketika akan digunakan, wangi dengan kondisi kering.

Wanita pembersih toilet memakai rompi warna orange yang sangat menyolok. Bekerja dengan cara melap dan mengepel lantai toilet sesekali menyemprot pengharum ruangan, terus menerus berdiri sepanjang waktu

Banyak penumpang bolak balik menggunakan toilet umum dan menikmati hasil kerja wanita itu, namun tidak banyak yang ingat mengucapkan terima kasih.

Ketika ada seseorang menyatakan terima kasih, dengan ucapan tulus, nampak senyum merekah di bibir wanita pembersih toilet itu. Wajahnya sumringah bahagia mengetahui pekerjaannya dihargai.

Seseorang lagi mengucapkan terima kasih dan menambah sentuhan halus di lengan wanita itu. Wanita pembersih toilet mengangguk senang menerima dukungan untuk bekerja lebih bersemangat. Terlihat dari caranya menghapus keringat dengan tersenyum.

Seseorang yang lain menganggap tidak cukup jika hanya ucapan dan sentuhan, dia menyelipkan sedikit rupiah di tangan wanita itu ketika menyalaminya dan mengucapkan terima kasih. Sempurnalah kebahagiaan wanita pembersih itu.

Demikian setiap hari kita berinteraksi dengan banyak orang, berbicara, menerima, memberitahu atau melakukan banyak hal namun kadang lupa untuk mengucapkan terima kasih.

Mengucapkan terima kasih adalah termasuk kata yang dilatihkan sejak kecil disamping kata maaf dan tolong. Namun jika tidak terbiasa menggunakannya, kesannya tidak spontan dan jauh dari rasa ketulusan dan kesyukuran.

Mengucapkan terima kasih bukan hanya sekedar membalas budi atau membalas kebaikan orang lain. Juga bukan sekedar salah satu bentuk sikap sopan santun yang diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Lebih jauh dari itu, mengucapkan terima kasih berkaitan dengan hubungan emosional. Dengan ucapan terima kasih, seseorang akan merasa lebih dihargai melahirkan energi positif pada dua belah pihak, menyenangkan hati dan membuat bahagia.

Bisa dibayangkan perasaan bahagia seorang ibu yang menerima bisikan terima kasih dari anaknya “Terima kasih ibu atas semua harapan dan doa terbaik yang ibu panjatkan hanya untukku” atau bisikan terima kasih suami kepada isteri “Terima kasih bu sudah bersabar mengikuti jalan hidupku, maaf jika aku tak bisa memberi contoh yang baik, maafkan kekuranganku ya bu” atau bisikan seorang isteri kepada suami “Terima kasih sudah menjadi sosok terhebat di hidupku. Engkau pandai melindungiku dari berbagai macam bahaya yang menghampiri.”

Jurnal kesehatan bahkan menuliskan manfaat ucapan terima kasih dapat menurunkan risiko serangan jantung, membantu mengontrol tekanan darah tinggi, meningkatkan kualitas tidur, menurunkan risiko stress,dan menurunkan risiko demensia.

Bagi orang muslim punya cara mengucapkan terima kasih yang sekaligus mendoakan Jazakumullahu Khairan (Semoga Allah membalas kalian dengan kebaikan).

Melihat banyaknya manfaat mengucapkan terima kasih, berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan

Ucapkan terima kasih dengan kontak mata sehingga ketulusan dan kasih sayang dapat terpancar dari sinar mata.

Jika tak mampu mengucapkan terima kasih dapat menuliskan pada kartu atau sehelai kertas untuk orang yang disayangi

Ucapan terima kasih juga bisa dilakukan dengan cara:
Memberi hadiah kecil, memberi pelukan hangat. Mengingat hari istimewa/ ulang tahun, memberi perhatian/ meluangkan waktu untuknya, mengajak makan atau libur ketempat- tempat istimewa, memasakkan makanan kesukaan .

Jika susah mengucapkan terima kasih maka dapat juga ditempuh dengan jalan mendoakan kebahagiaan dan kesehatan orang yang disayangi.

Jangan lupa
Ucapkan terima kasih kepada Sang Maha pencipta melalui bersedekah atau berbagi kebahagiaan

Dan yg terakhir
ucapan terima kasih pada alam jangan di lupakan . berterima kasih pada alam, kehidupan berjalan berkat alam. Cara paling mudah berterima kasih pada alam adalah membuang sampah pada tempatnya, menanam pohon di halaman rumah, dan selalu menjaga kebersihan lingkungan.

Ucapan terima kasih sebetulnya sangat mudah dilakukan, bagaimana membiasakannya agar menjadi suatu kebutuhan dalam hidup ini.

Yuk kita “berterima kasih” kepada siapa pun, di mana pun, dan kapan pun.

Makassar 2021




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By browsing this website, you agree to our privacy policy.
I Agree