December 27, 2021 in Jelajah Nusantara, Uncategorized

Telaga Bintang, Laguna yang indah

Telaga Bintang, Laguna yang indah
Telaga Bintang, Laguna yang indah

Telaga Bintang,

Laguna yang indah

Oleh Telly D

Telaga Bintang adalah laguna berbentuk bintang. Bintang segi 5 dari formasi gunung karts dimana 5 sudutnya dipenuhi dengan air laut yang berwarna hijau toska. Keindahannya hanya bisa dinikmati jika dilihat dari atas ketinggian.

Telaga Bintang memiliki keindahan panorama laut dan panorama gunung karts yang indah, membuat Telaga Bintang dimasukkan sebagai destinasi wajib dikunjungi jika berwisata ke Raja Ampat.

Saya mengunjungi Telaga Bintang setelah dari Piaynemo. Piaynemo berada dalam gugusan pulau yang sama dengan Telaga Bintang.

Gerbang Utama Telaga Bintang
sumber : Dokumen Pribadi

Dari demaga Piaynemo ke dermaga Telaga Bintang hanya memerlukan waktu sekitar 5 menit, demikian dekatnya jarak yang ada, speedboat hanya menyusuri sisi lain dari gunung karts.

Setelah melewati dermaga ada semacam gapura atau gerbang  yang mempertegas jika memasuki batas wilayah utamanya. Saya memerlukan waktu untuk mengambil gambar di depannya.

Ada papan peringatan yang menuliskan bahwa medan pendakian   berat, direkomendasikan tidak untuk usia lanjut. Saya melirik ada tempat yang disediakan untuk manula duduk menunggu jika tidak dapat mendaki ke atas puncak Telaga Bintang.

Jarak yang ditempuh untuk sampai di puncak tidak begitu tinggi  jika dibandingkan dengan Piaynemo. Hanya di sini tidak ada anak tangga yang disediakan, sehingga pendakiannya menjadi berat.

Pendakian dengan kondisi medan yang sulit.
sumber : Dokumen Pribadi

Tantangan pendakiannya ada pada kondisi medan yang sulit. Kaki hanya menapak di antara lekukan akar pohon dan batu kapur yang tajam dan tidak beraturan. Kaki harus kuat menapak dan tangan harus kuat mencengkram batu karang. Resiko bisa terpleset dan jatuh sewaktu-waktu bisa saja terjadi.

Tantangan berikutnya ada pada sudut pendakian yang nyaris vertikal membuat tantangan semakin sulit apalagi jika orang phobi dengan ketinggian.

Namun semua kelelahan terbayar jika telah tiba di puncak dan dapat menikmati keindahan panorama Telaga Bintang yang popular itu.

Ada dua panorama yang dapat dinikmati dari atas puncak yaitu satu sisi panorama Telaga Bintang, dan satu sisi tebing gunung karts dengan puncak-puncak gunung yang juga tidak kalah menariknya.

Telaga Bintang
Sumber : Dokumen Pribadi

Tidak ada yang dapat dilakukan di atas puncak selain memandangi panorama alam dan memotretnya dari ketinggian, itu pun juga hanya dengan sudut terbatas.

Tidak ada aktivitas lain, bahkan tidak ada fasilitas yang disediakan hanya untuk sekedar duduk menikmati keindahannya. Terasa panas sekali karena berada di puncak gunung. Betapa teriknya matahari memanggang seluruh badan. Hal ini yang membuat Saya harus bersegera turun.

Menikmati Telaga Bintang ada rasa bangga mampu menaklukkan ketinggiannya. Wisata telaga sangat sesuai untuk pendaki gunung dengan usia muda dan dengan kesiapan mendaki. Pantas tidak direkomendasikan bagi usia lanjut.

Waisai, November 2021




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

By browsing this website, you agree to our privacy policy.
I Agree